Selasa, 21 April 2009

RPP

Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : X / I (satu)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

Standar Kompetensi
Memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kompetensi Dasar
1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara
2. Mendeskripsikan hakikat Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
3. Menceritakan asal usul Negara

Indikator
1. Mendeskripsikan makna manusia, bangsa, dan Negara
2. Mengidentifikasikan terbentuknya bangsa
3. Menganalisis unsur-unsur terbentuknya Negara
4. Mendeskripsikan pengertian rakyat dan wilayah

Tujuan Pembelajaran
1. Siswa memiliki kecintaan terhadap bangsa dan tanah airnya
2. Siswa memiliki semangat rela berkorban di bidang apapun demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Materi Pembelajaran
1. Makna manusia, bangsa, dan Negara
Manusia berasl dari bahasa sansekerta yaitu manu yang berarti berpikir dan berakal budi. Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Makhluk individu, berarti mempunyai keperluan. Kepentingan / cita-cita yang berbeda-beda dalam suatu hal.
Makhluk sosial, manusia yang hidup berkelompok, memiliki kemempuan berkomunikasi, kesamaan rasa, nilai solodaritas, nilai kebersamaan dan nilai berorganisasi.
2. Bangsa memiliki dua pengertian yaitu dalam arti sosiologi dan politis. Beberapa definisi bangsa menurut Ernest Renan, Hans Kohn, dan Otto Baver.
3. Negara, banyak ahli kenegaraan mengemukakan pendapatnya dan terbentuknya Negara saerta unsure-unsur Negara.

Metode Pembelajaran
• Diskusi kelompok
• Tanya jawab
• Penugasan
• Ceramah
• Pemecahan masalah (studi kasus)

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan awal
• Apersepsi
1. Guru menyampaikan KD dan indicator yang akan di bahas.
2. Melakukan penjajakan materi hakikat bangsa dan Negara.
3. Memberi informasi bahan ajar (materi) hakikat bangsa dan Negara yang telah dipersiapkan melalui tayangan komputer dan LCD.
4. Pretes (lisan).

• Motivasi
1. Siswa memperhatikan informasi tentang materi hakikat bangsa dan Negara yang di sampaikan guru untuk dipahami.
2. Siswa membentuk kelompok diskusi (satu kelompok beranggotakan 4-5 orang siswa) secara heterogen.
3. Menjawab tes (lisan).

Kegiatan inti
1. Guru memberi perintah membaca buku teks Pkn jilid 1 yang dimiliki siswa, materi hakikat bangsa dan Negara bersama kelompok diskusinya, selanjutnya masing-masing kelompok melakukan presentasi secara lisan hasil diskusinya ke depan kelas untuk di tanggapi oleh kelompok lain.
2. Melakukan penilaian kognitif (PPK) dan afektif (sikap).

Kegiatan akhir
1. Guru mengklarifikasikan jawaban-jawaban siswa.
2. Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan, meluruskan dan menguatkan terhadap jawaban siswa yang menyimpang / benar.

Sumber belajar
1. Segala sumber yang dapat di gunakan siswa untuk memperlancar proses pambelajaran yang efektif
2. Buku paket PKn kelas X, penerbit Yudistira.

Penilaian
1. Non tes
2. Obsevasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar