Sabtu, 02 Mei 2009

DEMOKRASI DI INDONESIA


Demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu demos dan kratos/kratein. dimana demokrasi adalah rakyat sedangkan kratos adalah pemerintah. jadi demokrasi adalah kekeuasaan tertinggi yang dipegang oleh rakyat, sedangkan menurut Abraham Lincoln demokrasi adalah pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat (to peaple, of peaple, dan from peaple) maksudnya rakyat mempunyai kekuasaan paling tinggi dalam suatu negara yang artinya segala macam apapun keputusan negara diambil berdasarkan keputusan rakyat (volonte general).

Macam-macam demokrasi:

  1. Ditinjau dari penyaluran kehendak rakyat
    1. demokrasi langsung adalah dimana setiap warga negara mengikutsertakan dalam menentukan kebijakan dan UU. misalnya, presiden menaikkan harga BBM, namun banyak rakyat yang tidak setuju/menolak, akhirnya rakyat memberikan suara/aspirasinya kepada presiden untuk tidak menaikkan harga BBM. namun presiden tidak memperdulikan aspirasi dari rakyat kemudian rakyat terus menyalurkan kehendaknya.
    2. demokrasi tidak langsung adalah dimana rakyat memilih wakil-wakil rakyat melalui pemilu maksudnya demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan.
  2. Ditinjau dari prinsip ideologi

a. demokrasi konstitusional adalah dimana demokrasi tersebut berdasarkan kebebasan/individualisme artinya tidak ada campur tangan pemerintah dan tidak bertindak sewenang-wenang terhadap negaranya atau disebut demokrasi liberal. misalnya, negara inggris.

b. demokrasi rakyat/proletar adalah dimana rakyat tidak mengenal kelas sosial atau disebut demokrasi komunis. misalnya, kaum borjuis, siapa pun yang memiliki uang maka dialah yang berkuasa di negara tersebut, namun mereka tidak mengenal rakyat kecil/golongan priyayi karena dianggap tidak memenuhi syarat.

  1. Ditinjau dari titik perhatian

a. demokrasi formal adalah dimana suatu demokrasi menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik tanpa disertai kesenjangan dalam bidang ekonomi atau disebut negara liberal. misalnya, negara uni sovyet, dimana yang menjadi presiden kurang memperhatikan rakyatnya dalam perekonomian tetapi hanya mementingkan politik saja sehingga banyak rakyat yang miskin, kelaparan dan lain sebagainya.

b. demokrasi material adalah dimana demokrasi tersebut dititikberatkan pada upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi sedangkan persamaan di bidang politik kurang diperhatikan bahkan kadang-kadang dihilangkan atau disebut demokrasi komunis. misalnya, negara AS, jika ingin menjadi presiden, dia harus berkulit putih tapi kenyataannya yang menjadi presiden adalah orang yang berkulit hitam yaitu obama karena dia mementingkan perekonomian rakyat tidak mementingkan politik bahkan kadang-kadang dihilangkan.

c. demokrasi gabungan adalah dimana demokrasi tersebut hanya mengambil kebaikkan serta keburukan dari demokarasi formal dan material. misalnya negara-nagara non Blok.

1 komentar: